Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)

Pelaksanaan Peran Guru sebagai Motivator di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

Yunistisa, Fadila (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Nellitawati, Nellitawati (Unknown)
Irsyad, Irsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan pelaksanaan peran guru sebagai motivator di SMKN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Padang dengan jumlah 563 siswa dan sampel berjumlah 96 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner model Skala Likert yang terdiri dari 40 item dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kurang Setuju (KS), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Sebelum digunakan, kuesioner tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Uji coba dilakukan kepada 20 siswa kelas XI diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data yang terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata (mean) dan tingkat capaian rata-rata (TCR). Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan peran guru sebagai motivator pada komponen: 1) Metode pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,37, 2) Memberikan penghargaan sebagai dorongan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,35, 3) Memberikan hukuman/sanksi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,18, dan 4) Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,23. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan peran guru sebagai motivator berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,30.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...