Community Education Engagement Journal
Vol. 5 No. 2 (2024): APRIL

Kolaborasi Kegiatan Belajar Mengajar BIPA Universitas International Batam dan Sekolah Global Indo-Asia

Maya Marsevani (Universitas Internasional Batam)
Nurhayati Balqis (Universitas Internasional Batam)
Angelina Trisnauly Purba (Universitas Internasional Batam)
Aga Data (Universitas Negeri Surabaya)
Gabriella Jap (Universitas International Batam)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penanaman nilai-nilai karakter, pengenalan budaya indonesia serta keterampilan peserta didik melalui praktek mengajar BIPA di sekolah Global Indo-Asia, kota Batam. Dengan mencapai tujuan pembelajaran, yakni para peserta didik dapat membedakan, menyebutkan, dan menganalisis pohon keluarga, serta mendapatkan evaluasi positif dari guru, kolaborasi pembelajaran dan pengajaran ini dapat dianggap sukses. Para peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan merasakan keuntungan mendalam dari kolaborasi ini. Oleh karena itu, kegiatan kolaboratif semacam ini memiliki dampak positif yang signifikan bagi kedua belah pihak, membuktikan bahwa pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dan memuaskan. Mahasiswi memiliki peran yang krusial dalam praktek mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Sekolah Global Indo-Asia. Peran mereka tidak hanya sebatas sebagai pengajar, tetapi juga sebagai agen perubahan dalam mendukung pembelajaran lintas budaya. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini yaitu dengan memberikan materi yang melingkupi kosa kata keluarga dan penggunaan kata ganti dalam tokoh keluarga terkenal di indonesia kepada murid di Global Indo-Asia, Kota Batam yang dilakukan melalui kegiatan implementasi. Para peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan merasakan keuntungan mendalam dari kolaborasi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecej

Publisher

Subject

Education

Description

Community Education Engagement Journal (CEEJ) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat dari berbagai multidisiplin ilmu di bidang pendidikan (Pendidikan MIPA, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Seni) yang berisi hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang ...