Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 2 (2024)

META SINTETIS LITERASI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Encep Andriana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maman Faturohman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nana Hendracipta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Intan Nurcahyaningrum (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis kembali tentang pendidikan lingkungan dan literasi lingkungan di Sekolah Dasar. Metode pada penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta sintetis dengan menganalisis 10 jurnal yang relevan dengan judul penelitian yang selanjutnya dianalisis secara mendalam.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua artikel yang tertulis mengenai penelitian literasi pendidikan lingkungan di sekolah dasar, jurnal yang dapat diakses melalui  google scholar dan science direct. Hasil analisis dari sepuluh jurnal memperoleh hasil bahwa lingkungan sekolah yang mendukung literasi penting untuk diterapkan di Sekolah dasar kepada peserta didik. Karena, literasi dalam lingkungan sekolah perlu digerakkan melalui pembiasaan rutin di sekolah. Untuk itu, guru dan orang tua diharapkan dapat berkerjasama dalam berperan meningkatkan karakter peduli lingkungan dan minat literasi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...