Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan kasus di bidang teknik mesin. Model ADDIE diadaptasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran cased base learning (CBL) pada mata kuliah elemen mesin, karena telah menunjukkan tren positif dalam pengembangan desain instruksional, serta dapat menggambarkan pendekatan pembelajaran yang lebih sistematis. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan persentase 83,33% untuk RPS, 85,42% untuk SAP, dan 86,36% untuk LKM. Meskipun respon mahasiswa terhadap pelaksanaan CBL belum begitu positif (78,33%), namun berdasarkan observasi, pelaksanaan CBL telah berjalan dengan baik (84,78%). Penelitian ini berimplikasi terhadap penerapan pembelajaran CBL di bidang teknik mesin, khususnya pada mata kuliah elemen mesin. Dalam menyusun rencana atau inventaris tugas (task inventory), sangat penting untuk mengkaji referensi tentang topik masalah yang dijadikan sebagai kasus dalam skenario pembelajaran CBL. Dengan demikian, perangkat pembelajaran CBL dapat dianggap layak digunakan, serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.
Copyrights © 2023