Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris pengaruh penerapan ChatGPT terhadap blity siswa dalam menulis teks epoksposisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Di kelas eksperimen, peneliti menggunakan aplikasi ChatGPT sebagai media pengajaran sedangkan di kelas kontrol, peneliti menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah tes menulis yang dibagi menjadi pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari tes dianalisis dengan menggunakan program SPSS20. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yaitu apabila hipotesis t-signifikan 2 tailed (p) lebih rendah dari alpha 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap siswa yang menulis teks eksposisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi ChatGPT menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap penulisan eksposisi siswa di kelas delapan SMP Negeri 37 Medan.
Copyrights © 2024