AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 2 (2019): FEBRUARI

IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KATULAMPA 1 BOGOR

Ika Sartika (Unknown)
Teguh Prasetyo (Unknown)
Resti Yektyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Salah satu adanya keterkaitan pada Kurikulum 2013 adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan kompetensi inti baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang dikuasai sesudah proses pembelajaran dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada penilaian kompetensi inti sikap spiritual dan sosial (KI-1), kompetensi inti pengetahuan (KI-3), dan kompetensi inti keterampilan (KI-3) di SDN Katulampa 1 Bogor.Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang menemuan suatu phenomena untu memaknai suatu masalah dan menyelidiki suatu masalah baik secara individu, kelompok dan situasi yang berada pada di lapangan yang kita teliti.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan triangulasi yaitu mereduksi data yang relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini untuk mengetahui guru telah merencanakan penilaian yang disesuaikan degan rencana pembelajaran dan silabus  yang dimuat diinstrumen penilaian sesuai dengan kompetensi inti serta kompetensi dasar (KD). Untuk pelaksanaan guru telah melaksanakan perencanaan yang searah dengan baik serta memeriksa hasil pekerjaan siswa. Tahap evaluasi penilaian guru telah melaksanakan hasil belajar siswa yaitu mengadakan ulangan, serta upaya tindaklanjutnya berupa remedial dan pengayaan. Dalam penilaian ini guru telah memahami penilaian yang berkaitan dengan kegamaan (KI-1) dan sikap terhadap teman dan guru (KI-2), kemapuan secara tertulis dan lisan (KI-3), dan bukti produk hasil siswa (KI-4).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...