Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2024): Juni

Pengaruh Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV di SD 02 Karang Bener

Nasywa Azka Amelia (Univeristas Muria Kudus)
Zumna Afifatun Nisa (Universitas Muria Kudus)
Miftahul Aulia (Universitas Muria Kudus)
Nur Kusuma Astuti (Universitas Muria Kudus)
Ayunda Choirun Nisa (Universitas Muria Kudus)
Sekar Dwi Ardianti (Universitas Muria Kudus)
Erik Aditia Ismaya (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menguji pengaruh minat belajar terhadap konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SD 02 Karang Bener. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD 02 Karang Bener dengan jumlah populasinya sebanyak 13 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil semua populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dengan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji dengan analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk mencari pengaruh variabel independen sebagai variabel penyebab terhadap variabel dependen sebagai variabel akibat. Variabel independen dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah konsentrasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H0 menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kedua variabel dan H1 menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Sedangkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa H0 diterima sehingga tidak terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV di SD 02 Karang Bener. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatum

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan memiliki nomor registrasi e-ISSN: 3031-1209 (online) yang merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas, Indonesia yang membahas tentang bidang diskusi pengajaran. EJDP bertujuan ...