cover
Contact Name
Yunardi Kristian Zega
Contact Email
yunardichristian@gmail.com
Phone
+6281266209657
Journal Mail Official
educatumjurnal@gmail.com
Editorial Address
Kavling Pancur Pelabuhan Blok A No.189 Tanjung Piayu, Sungai Beduk, Batam, Kepulauan Riau. 29400
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 30311209     DOI : https://doi.org/10.62282/je.v1i2
Core Subject : Education,
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan memiliki nomor registrasi e-ISSN: 3031-1209 (online) yang merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas, Indonesia yang membahas tentang bidang diskusi pengajaran. EJDP bertujuan menyebarluaskan pemikiran dan gagasan konseptual atau hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pendidikan. Dalam satu tahun, EJDP terbit dalam dua kali, yakni di bulan Desember dan Juni. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan berfokus menerbitkan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian dan pengembangan terkini di bidang Pendidikan. Ruang lingkup jurnal Educatum meliputi kajian Kurikulum, Teknologi, Media, dan Inovasi dalam Pembelajaran, Rancangan Instruksional, Manajemen Pendidikan, dan Psikologi Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Model Pembelajaran Inquiry Sebagai Solusi dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasi di Kalangan Siswa SMP Batam Mangarimbun Gultom; Talizaro Tafanao
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.1-12

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju di era globalisasi sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan karena mudahnya Informasi yang di dapat dalam internet menjadikan siswa malas untuk menggali dan menyelesaikan tanggung jawabnya menyelesaikan masalah-masalah tugas di sekolah. Penulis melihat perlu suatu desain metode pembelajaran untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah ini. Metode yang paling dekat dalam kasus ini dari hasil penjajakan literatur adalah metode Pembelajaran Inquiry. Tulisan ini diharapkan mampu untuk menjawab permasalahan yang sedang terjadi di dalam lingkungan siswa SMP Visi Kudus dalam menyerap, menggunakan dan memanfaatkan inflasi Informasi yang terjadi karena kemajuan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan fakta dan fenomena yang terjadi serta mempelajari hubungan dari sebab dan akibat dari pengaruh perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry di SMP Visi Kudus dapat meminimalisir penyalahgunaan inflasi informasi yang bercampur aduk di dalam media teknologi. Oleh sebab itu, penggunaan metode berbasis Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyerap dan memilah Infalsi Informasi dari kemajuan teknologi dan siswa dapat menggunakan Informasi yang melimpah untuk memecahkan masalah.
Peran Guru PAK dalam Memanfaatkan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Frilia Kartini Sipahutar; Yunardi Kristian Zega
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.13-26

Abstract

Teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun tentu membawa pengaruh besar bagi dunia, terutama dalam bidang pendidikan. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana kualitas pembelajaran di sekolah dan dampaknya terhadap peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru PAK dan manfaat teknologi dalam dunia pendidikan, serta cara-cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru PAK dalam memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah dengan pemanfaatan teknologi yang tepat ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Maka selain menjadi contoh yang nyata untuk bisa diteladani bagi peserta didik, guru PAK juga haruslah melek teknologi sehingga dapat memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan generasi penerus yang juga berkualitas, karena guru yang tidak melek teknologi akan mengalami kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang akan diterapkan dan juga akan ketinggalan oleh perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern.
Bimbingan Konseling dalam Gereja untuk Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak Remaja Titin Aritonang; Novalina Manik; Yenti Tamba
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.27-38

Abstract

Di zaman era digital saat ini, banyak anak-anak yang kecanduan game online khususnya di kalangan para remaja. Kecanduan game online merujuk pada kondisi di mana seseorang mengalami ketergantungan yang kuat, akibat dari kecanduan bermain game online yang menimbulkan investasi ekstrim dalam bermain. Oleh karena itu, tulisan ini, akan mendiskusikan bagaimana bimbingan konseling dalam konteks gereja dapat menjadi pendekatan yang berdaya guna dalam mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja. Dengan melakukan bimbingan konseling di gereja, maka remaja dapat mengubah cara ketergantungan mereka dalam bermain game online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasil yang diperoleh antara lain, para remaja yang kecanduan bermain game online berdampak pada berbagai aspek kehidupan remaja seperti kesehatan, psikologi, akademis, sosial, maupun keuangannya. Dengan pendekatan holistik yang mencakup aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual, maka gereja dapat memberikan solusi yang komprehensif untuk membantu remaja mengatasi kecanduan game online.
Strategi Keluarga Kristen dalam Membangun Anak Yang Berprestasi di Sekolah Indah Margaretha Malau; Desika Sihombing; Ganda Marito; Ronald Sianipar
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.52-65

Abstract

Keluarga merupakan unit terpenting dalam struktur kemasyarakatan. Keluarga memegang peranan pembinaan pendidikan anak-anak dalam keluarga. Banyak para ahli yang memberikan predikat bahwa keluarga merupakan tempat yang pertama dan utama dalam memperoleh pendidikan. Orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan perkembangan dan prestasi belajar anak. Tanpa dorongan dan rangsangan orang tua, maka perkembangan prestasi belajar anak akan mengalami hambatan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada keluarga Kristen untuk menolong  bagaimana strategi dalam memmbangun anak yang berprestasi, khususnya di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pustaka. Hasil yang diperoleh, antara lain: Pertama, orang tua harus dapat menjadi seorang pembimbing bagi anak. Kedua, orang tua perlu memberikan fasilitas belajar yang memadai di dalam keluarga. Ketiga, orang tua perlu memberikan motivasi belajar kepada setiap anak-anaknya. Keempat, orang tua harus terus menerus pendukung utama anak dalam mencapai prestasi. Kelima, orang tua harus dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan anak-anaknya dan membantu mereka dalam mengatasi setiap kekurangannya dan mendukung kelebihannya agar dapat lebih ditingkatkan. Keenam, Orang tua harus dapat menjadi mentor yang baik bagi setiap anak-anaknya.
Guru dan Media Visual: Upaya dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Bagi Anak Usia Dini Agatha Pebriani M Naibaho; Putri Jelita Daeli; Destina Selfia Rena
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.66-83

Abstract

Seiring perubahan zaman yang berkembang dan semakin meningkat, mengharuskan guru  untuk dapat meng-upgrade diri agar meningkatkan pengetahuanya pada bidang  penggunaan media pembelajaran. Dalam ruang lingkup sekolah, guru yang merupakan sosok tenaga pendidik harus dapat menjadi seorang pendidik yang kreatif dalam melakukan berbagai hal terutama dalam bagian belajar mengajar. Salah satu bentuk kemampuan guru yang kreatif adalah saat guru mampu menyampaikan pemebelajaran kepada peserta didik menggunkan media belajar, misalnya media belajar visual. Tetapi ditemukan bahwa masih banyak guru yang belum menggunakan media belajar sebagai fasilitas guru dalam mengajar dan menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu seorang guru dalam menyampaikan materinya dengan baik kepada peserta didik sehingga target pembelajaran dapat terealisasikan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pustaka. Model pembelajaran visual adalah salah satu strategi pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan alat indra penglihatan yang dimiliki oleh peserta didik supaya dapat terlatih dan berkembang dengan  baik. Dengan adanya media dalam pembelajaran maka guru dapat  menarik dan memfokuskan perhatian peserta didik terhadap pembelaajaran, dengan contoh media visual dan materi yang disampaikan dapat  memenuhi tujuan dari suatu pembelajaran yaitu menanamkan nilai-nilai kristen pada anak usia dini.
Teacher And Student Book Analysis Integrated Thematic Character of Pancasila Student Profile in Grade I SD or MI Theme I is Myself Suharsiwi; Novia Sari
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i1.39-51

Abstract

This study aims to determine: 1) to find out the literature review of thematic teacher books integrated character profiles of Pancasila students in grade I SD or MI Theme I Myself. 2) to find out the literature review of thematic students' books integrated with the character profile of Pancasila students in grade I SD or MI Theme I Myself. The research approach used is a qualitative library research approach or library research. The type of research used in this research is text study or textbook analysis. Analysis of textbooks in the form of integrated thematic teacher and student books for the 2013 curriculum for grade 1 SD or MI theme 1: myself. The results of the study show that: 1) In the thematic teacher's book integrated curriculum 2013 grade 1 SD or MI Theme 1: Myself, there are 14 character values. The 14 character values are discipline, friendly or communicative, religious, honest, hard work, independent, responsible, tolerance, curiosity, love to read, creative, national spirit, love for the homeland, and caring (social care). In the values of the Pancasila student profile there are all or there are 6 indicators or values of the Pancasila student profile. The 6 values of the Pancasila student profile are faith and piety to God Almighty and noble character, mutual cooperation, independence, global diversity, critical reasoning, and creativity. 2) In the thematic integrated student book 2013 curriculum grade 1 SD or MI Theme 1: Myself, there are 10 character values. The 10 character values are religious, friendly or communicative, hard work, independent, responsible, disciplined, love to read, creative, love the homeland, and tolerance. In the values of the Pancasila student profile, there are all or 6 indicators or values of the Pancasila student profile. The 6 values of the Pancasila student profile are faith and piety to God Almighty and noble character, mutual cooperation, independence, global diversity, critical reasoning, and creativity.
Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Hubungan Emosional Orang Tua dan Anak di Sekolah Dasar Hikari Tangerang Selatan Berdasarkan pemikiran Letty Mandeville Russell tentang Partnership Arlin Sepriyanti Ziliwu; Gideon Sutrisno; Youke L Singal
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i2.84-101

Abstract

Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dan anak di SD Hikari Tangerang Selatan Berdasarkan pemikiran Letty M. Russell tentang Partnership. Anak adalah karunia Tuhan bagi orang tua. Orangtua perlu memberi perhatian serius terhadap anak. Realitanya masih banyak anak yang mengalami gangguan emosional. Di sekolah dasar Hikari Tangerang Selatan, anak mengalami gangguan emosional yang disebabkan karena hubungan emosional dengan orang tua yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAK dalam meningkatkan hubungan emosional orang tua dan anak berdasarkan pemikiran seorang teolog dan pendidik kristen yaitu Letty M. Russell. Hasil penelitian menunjukkan hubungan emosional orang tua dan anak kurang baik dikarenakan guru PAK sebagai partner belajar orang tua dan anak belum memaksimalkan perannya dengan baik dan benar. Kata kunci: Peran, Guru PAK, Hubungan Emosional Orangtua dan Anak.
Mematahkan Kebohongan: Pentingnya Pendidikan Agama Kristen dalam Menanggulangi Penyebaran Berita Hoaks di Media Sosial Miranda Christina Putri; Elieser R Marampa; Vera SM Simanjuntak; Amoli Ndraha
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i2.102-117

Abstract

Salah satu permasalahan yang masih terjadi di Indonesia adalah penyebaran berita hoaks. Penyebaran berita hoaks ini dilakukan oleh seseorang baik secara lisan maupun melalui media sosial, biasanya berita hoaks yang disebarkan terkait dengan isu politik, agama, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan agama Kristen dalam mencegah penyebaran berita hoaks. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research. Adapun hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen dapat mencegah penyebaran berita hoaks dengan menjadikan Alkitab sebagai landasan dalam bertindak, berpikir, dan berbicara. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan sesuai dengan nilai-nilai pendidikan agama Kristen untuk mencegah penyebaran berita hoaks yaitu: 1) ketaatan kepada hukum, 2) membela kebenaran, 3) menjunjung tinggi kejujuran, 4) berpikir kritis, dan 5) memiliki kasih. Melalui pendekatan ini orang Kristen diharapkan turut serta berkontribusi dalam mencegah penyebaran berita hoaks.
Menghadapi Ancaman LGBT: Kekuatan Pendidikan Agama Kristen dalam Menyelamatkan Identitas Remaja di Sekolah Titin Aritonang; Yunardi Kristian Zega
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i2.118-128

Abstract

Dalam era yang terus berkembang ini, isu LGBT menjadi perhatian utama, terutama di kalangan remaja yang rentan terpengaruh. Identitas gender dan orientasi seksual yang berbeda dari norma-norma sosial menjadi fokus perdebatan yang semakin meningkat. Tulisan ini mengeksplorasi peran pendidikan agama Kristen di sekolah dalam mencegah perilaku LGBT di kalangan remaja. Dengan menekankan nilai-nilai moral, kasih, pengampunan, dan kesetiaan yang terkandung dalam ajaran agama Kristen, pendidikan agama di sekolah dapat membantu remaja memahami dan menginternalisasi prinsip-prinsip yang mencegah mereka terjerumus ke dalam perilaku LGBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisis literatur terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen di sekolah dapat berperan dalam membentuk identitas dan nilai-nilai remaja serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep gender dan seksualitas yang sehat. Dengan pendekatan holistik yang mencakup aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual, pendidikan agama Kristen di sekolah dapat memberikan solusi yang komprehensif dalam membantu remaja mengatasi tekanan dan dorongan menuju perilaku LGBT.
Pengaruh Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV di SD 02 Karang Bener Nasywa Azka Amelia; Zumna Afifatun Nisa; Miftahul Aulia; Nur Kusuma Astuti; Ayunda Choirun Nisa; Sekar Dwi Ardianti; Erik Aditia Ismaya
Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI), Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62282/je.v1i2.129-138

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menguji pengaruh minat belajar terhadap konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SD 02 Karang Bener. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD 02 Karang Bener dengan jumlah populasinya sebanyak 13 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil semua populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dengan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji dengan analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk mencari pengaruh variabel independen sebagai variabel penyebab terhadap variabel dependen sebagai variabel akibat. Variabel independen dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah konsentrasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H0 menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kedua variabel dan H1 menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Sedangkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa H0 diterima sehingga tidak terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV di SD 02 Karang Bener. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Page 1 of 2 | Total Record : 12