JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Powerpoint Meningkatkan Motivasi Belajar

Alfani Wulandari (STKIP Taman Siswa Bima)
Mulyadi (STKIP Taman Siswa Bima)
Novita Ningsih (STKIP Taman Siswa Bima)
Adi Apriadi Adiansha (STKIP Taman Siswa Bima)
Ramli (STKIP Taman Siswa Bima)
Widyanti Nafisah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2021

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor media pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris dasar. Bahasa Inggris dasar memerlukan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satunya dengan modul pembelajaran berbasis powerpoint. Modul pembelajaran berbasis powerpoint digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pengembangan modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint dalam pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) berupa pengembangan media pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lambitu dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan soal evaluasi sedangkan metode yang digunakan untuk menguji coba media pembelajaran ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan presentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Modul pembelajaran berbasis powerpoint ini telah teruji kefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 47,08%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...