Penelitian ini dilakukan karena pentingnya perangkat pembelajaran dan belum banyak perangkat pembelajaran materi barisan dan deret yang sesuai dengan K13. Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning (DL) topik barisan dan deret SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian menerapkan model 4-D dengan tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran divalidasi oleh 3 ahli lalu direvisi sesuai saran. Sesuai hasil validasi, diperoleh perangkat yang dihasilkan memenuhi syarat valid dengan nilai akhir untuk Silabus 3,96, RPP 3,65 dan LAS 3,61 dan kategori “sangat valid”. LAS yang sudah divalidasi kemudian diujicobakan kepada enam siswa kelas SMA IT Al-Fityah Pekanbaru. Sesuai hasil uji coba LAS yang dihasilkan memenuhi syarat praktis dengan rata-rata kepraktisan 3,37 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hal ini dinyatakan perangkat pembelajaran berbasis DL topic barisan dan deret kelas SMA/MA valid dan praktis
Copyrights © 2024