Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Efektivitas Model Problem-Based Learning Terhadap Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik SMKN 1 Cerme

Fadhilatun Ni'mah (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Slamet Asari (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Syaiful Huda (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2024

Abstract

Model pembelajaran menggunakan problem-based learning menjadi salah satu cara yang diterapkan oleh pengajar untuk dapat mempengaruhi kemampuan berpikir siswa. Dalam menerapkan problem-based learning, terdapat pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan sehingga setiap anak dapat memperoleh pengajaran sesuai kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dengan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik SMKN 1 Cerme. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan paired t-test untuk dapat menguji efektivitas antara problem-based learning terhadap berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas antara problem-based learning terhadap berpikir kritis menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik SMKN 1 Cerme pada kelompok “mahir”, “siap”, dan “berkembang”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...