Journal on Education
Vol 6 No 3 (2024): Volume 6 Nomor 3 Tahun 2024

Analisis Pemanfaatan Desain Pesan untuk Meningkatkan Produktivitas Pembelajaran Berbasis Simulasi dan Game Edukasi

Dendodi Dendodi (Universitas Tanjungpura)
Nurdiana Nurdiana (Universitas Tanjungpura)
Yayuk Dwi Astuti (Universitas Tanjungpura)
Warneri Warneri (Universitas Tanjungpura)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Desain pesan merupakan proses perancangan pesan-pesan yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengkomunikasikan informasi atau konsep secara jelas dan efektif. Pesan-pesan ini dapat berupa teks, audio, visual, atau kombinasi dari ketiganya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam tentang pemanfaatan desain pesan untuk meningkatkan produktivitas pembelajaran berbasis simulasi dan game edukasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan sebagai pendekatannya dan teknik observasi langsung dilakukan untuk mengamati perilaku, interaksi, atau fenomena yang terjadi secara langsung di sekolah. Maka dari hasil studi literatur dan pengamatan langsung pemanfaatan desain pesan dalam simulasi dan game edukasi dalam pembelajaran berguna untuk meningkatkan keterampilan berpikirn kritis dan pemecahan masalah siswa, memandu siswa dalam simulasi dan game edukasi untuk menambah pengalaman belajar mereka dan meningkatkan kolaboraasi dan komunikasi antar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...