Desain pesan merupakan proses perancangan pesan-pesan yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengkomunikasikan informasi atau konsep secara jelas dan efektif. Pesan-pesan ini dapat berupa teks, audio, visual, atau kombinasi dari ketiganya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam tentang pemanfaatan desain pesan untuk meningkatkan produktivitas pembelajaran berbasis simulasi dan game edukasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan sebagai pendekatannya dan teknik observasi langsung dilakukan untuk mengamati perilaku, interaksi, atau fenomena yang terjadi secara langsung di sekolah. Maka dari hasil studi literatur dan pengamatan langsung pemanfaatan desain pesan dalam simulasi dan game edukasi dalam pembelajaran berguna untuk meningkatkan keterampilan berpikirn kritis dan pemecahan masalah siswa, memandu siswa dalam simulasi dan game edukasi untuk menambah pengalaman belajar mereka dan meningkatkan kolaboraasi dan komunikasi antar siswa
Copyrights © 2024