Kebutuhan pembelajaran dengan mengunakan teknologi untuk memudahkan pembelajaran serta kewajiban siswa memilki keterampilan berpikir kritis adalah tantangan era 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile learning yang dapat melatih ketrampilanmengatasinya dengan mengembangkan media Mobile Learning berbasis Problem Based Learning pada materi Getaran dan Gelombang untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menerapkan model 4-D S. Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop, subjek penelitian adalah siswa kelas 8-A di SMPN 3 Paron. Instrumen penelitian mencakup wawancara, tes keterampilan berpikir kritis, angket analisa kebutuhan, angket validasi serta angket penilaian oleh 7 ahli, 15 siswa, dan 2 guru IPA. Hasil validasi kelayakan oleh para ahli menunjukkan mobile learning berbasis problem based learning sangat layak dengan penilaian ahli media 96,8%, ahli materi 93,8%, ahli bahasa 87,5%, dan ahli desain pembelajaran 91,6%. Media ini dinyatakan sangat praktis dan sangat efektif oleh guru IPA dengan kepraktisan 100% dan efektivitas 87,5%. Analisis efektivitas dari siswa mencapai 95,8%. Uji t paired sampels test menunjukkan nilai sig 0,00<0,05, menandakan mobile learning berbasis problem based learning berpengaruh dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2024