Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 1 No. 2 (2021): Desember

Peran Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Anak Usia Sekolah Dasar Di Korong Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman

Silvia Herlina (STKIP NASIONAL)
Dasmita Dasmita (STKIP NASIONAL)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk peran orang tua dalam mendisiplinkan anak yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) di Korong Tiram, kecamatan ulakan tapakis, kabupaten padang pariaman, serta untuk megetahui Faktor Penghambat penanaman disiplin terhadap anak usia sekolah dasar di Korong Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Fokus penelitian yaitu bentuk pendisiplinan anak. Tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap hasil laporan, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menjelaskan, menguraikan, dan menggambarkan sesuai permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orang tua merupakan kunci utama dalam menerapkan kedisiplinan pada anak dan tetap mengawasi anaknya baik dari segi waktu maupun perilaku, (2) Faktor Penghambat dalam menanamkan sikap disiplin bagi anak usia sekolah dasar yaitu kurangnya konsistensi orang tua dalam memberikan keteladanan dikarenakan kesibukan orang tua dalam bekerja dan kurang bersinerginya antara orang tua dan guru dalam hal waktu dan perhatian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...