El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam
Vol. 5 No. 7 (2024): El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam

Analisis Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel

Sutrisno (Universitas Mulawarman)
Hanif Saputra Affandi (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pali Prov. Sumsel)
Lathifah Lanonci (Universitas Alkhairaat)
Rezky Amalia Hamka (Universitas Negeri Makassar)
Edi Rahmat Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen Islam terhadap boikot produk Israel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan dan literature. Sumber data yang digunakan dari artikel, jurnal, berita, sosial media dan bahan tertulis lainnya. Hasil penelitian ini menjelaskan perilaku boikot dalam Islam adalah sifat atau sikap penolakan terhadap suatu tindakan yang tidak sesuai dengan prinsip dan syariat Islam. dalam Islam terdapat beberapa implementasi perilaku boikot, diantaranya adalah muamalah, ekonomi, dan sosial. Adapun beberapa penyebab terjadinya boikot, yaitu menghina agama, melanggar aturan yang ada, dan merusak perdamaian. Dengan adanya aksi boikot produk Israel ini, dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumen Islam. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap boikot produk Israel, yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elmal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam mempublikasi hasil riset dan kajian terkini bidang ekonomi, keuangan, manajemen dan bisnis Islam. Mulai 2011, jurnal ini terbit tiga kali setahun setiap Maret, Juli dan November. Jurnal ini dikelola oleh Pusat Riset dan Kajian Strategis (PRKS) Masyarakat ...