Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 3 (2024)

Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe

Anggita Aprilliany Firdaus (Universitas Sebelas Maret)
Budhi Setiawan (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Sarwiji Suwandi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) asesmen pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi peristiwa pembelajaran, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pasif, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan review informan. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, modul ajar yang disusun guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Ngrambe sudah lengkap dan sesuai dengan format penyusunan modul ajar yang mencakup informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL di kelas XI SMAN 1 Ngrambe berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintak PBL. Ketiga, asesmen pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka ini adalah asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model Problem Based Learning sudah berjalan dengan baik sesuai dengan modul ajar dan sintak PBL. Guru dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...