Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 2 (2023): DE_Journal

Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Kelas X SMA

Sari, Rafika Muspita (Unknown)
Masniari, Susi (Unknown)
Agustina, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 1 Lima Puluh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan bentuk desan eksperimen yatu True-experimental design tipe post-test only control design. Pada kelas X2 sebaga kelas Eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas X3 sebaga kelas kontrol. Post-test dengan hasil rata-rata kelas Eksperimen 80 dan kelas kontrol 61,9. Hasil perhitungan to yang telah diperoleh yakni menunjukkan bahwa nila t diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1 % dengan dk = (N1+N2) -2 = (36+36)-2=70. Pada tabel t dengan dk =70 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 karena thitung (to) lebih besar dari ttabel (t1), yakni taraf signifikan 5% (6,93>2,00). Maka taraf signifikan 1% (6,93>2,65), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...