Journal of Agricultural Social and Business
Vol 2, No 2 (2023): Agrisociabus

SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN BAURAN PEMASARAN YOGHURT YOGURI PADA CV NATURA UTAMA YOGYAKARTA

Septi Wulandari (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Budiarto Budiarto (Unknown)
Heni Handri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

CV Natura Utama merupakan UKM yang bergerak dibidang pengolahan yoghurt yang berada di Yogyakarta sejak tahun 2008. Namun, produk yang diproduksi belum dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan segmenting, targeting, dan positioning yang diterapkan oleh CV Natura Utama dan (2) mendeskripsikan bauran pemasaran yang saat ini dilakukan oleh CV Natura Utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Penentuan responden dilakukan secara purposive, yaitu pemilik usaha, manajer pemasaran, dan admin. Jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Hasil dari penelitian ini, yaitu segmenting yang saat ini diterapkan oleh CV natura Utama meliputu konsumen yang berada diwilayah Jawa dan Bali, jenis kelamin wanita, usia 15-30 tahun, kelas sosial menengah atas, dan berorientasi pada kesehatan. Targeting yang diterapkan, yaitu orang yang berorientasi pada kesehatan.  Positing yang diterapkan, yaitu produk yoghurt yang kaya probiotik dengan citarasa khas karena kekentalannya. Produk utama yang diproduksi oleh CV Natura Utama adalah yoghurt, harga jual didasarkan pada lini produk yoghurt Yoguri. Pendistribusian dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Promosi yang dilakukan melalui personal selling dan sales promotion.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...