Ekonomia
Vol. 11 No. 2 (2021): Juli

PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS UKM SELERAKU BANJARNEGARA)

Sarno Sarno (Program Studi Agroindustri Politeknik Banjarnegara)
Fanny Tri Raditya (Program Studi Agroindustri Politeknik Banjarnegara)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah; a) mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran; b) mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi bauran pemasaran keripik pisang dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (Penelitian Aksi Partisipatif) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis bauran pemasaran dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; a) Penerapan strategi bauran pemasaran meliputi strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi; b) faktor kekuatan meliputi bahan baku melimpah, motivasi usaha kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk, dan tingkat keterampilan. Faktor kelemahan seperti akses pemasaran, kerjasama pemasaran, jaringan distribusi, tingkat adopsi teknologi, dan permodalan; c) faktor yang menjadi peluang meliputi diversifikasi produk, pemasaran online, kebutuhan konsumen, pasar ekspor, dan pengembangan usaha. Faktor ancamannya perubahan selera konsumen, persaingan pasar bebas, kebijakan impor, produk sejenis di pasar, dan produk substitusi; d) posisi perusahaan berada pada Kuadran I progresif yang berarti perusahaan dalam kondisi baik dan mantap. Strategi pengembangan bauran pemasaran yang dapat dilakukan adalah mamanfaatkan keberadaan bahan baku melimpah disertai adanya motivasi kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk, tingkat keterampilan, untuk mengembangkan usaha dan memperluas pasar ekspor dengan cara meningkatkan diversifikasi produk secara maksimal. Hasil produknya dapat dipasarkan secara online sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ITBis-E

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan ...