Tujuan penelitian yaitu untuk membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan cara mengkaji sejumlah 20 jurnal penelitian terdahulu yang sudah terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti kefektifan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui beberapa literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang digunakan semua menunjukkan hasil positif dimana penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Kata kunci: Pengaruh; Problem Based Learning;Hasil Belajar
Copyrights © 2024