Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan

Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi

Mustika Lara (Universitas Negeri Padang)
S. Syamsurizal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan   penelitian   yaitu   untuk   membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam   meningkatkan kemampuan berpikir kritis.  Penelitian  menggunakan metode  studi pustaka dengan cara mengkaji sejumlah 20 jurnal penelitian terdahulu yang  sudah  terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan   data dilakukan   melalui   pencarian   artikel   jurnal   dilakukan  melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti  kefektifan model Problem Based Learning  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  SMA  dalam  pembelajaran  biologi  melalui beberapa literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang digunakan semua menunjukkan hasil positif dimana penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Kata kunci: Pengaruh; Problem Based Learning;Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elhamra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, ...