JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS PADLET PADA MATERI RECOUNT TEXT

Muhammad Rifqi Maulana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syadeli Hanafi (Unknown)
Cucu Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Padlet pada materi recount text. Media pembelajaran ini berbentuk web yang memuat halaman pembuka, halaman materi, halaman tugas, halaman penutup yang digunakan ketika proses pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran berbasis Padlet ini diharapkan membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menghasilkan data berupa angka dan persentase numerik. Intrumen pretest dan posttest digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang dilaksanakan pada sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai sebesar 12,76 dengan rata-rata 0,75 yang dikategorikan sebagai “Cukup Efektif” menurut perhitungan skor N-Gain. Pengukuran efektivitas ini menunjukkan hasil yang positif bagi peserta didik karena dapat memberikan pengalaman pembelajaran dengan gaya digital serta dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris peserta didik

Copyrights © 2023