Jurnal MediaTIK
Volume 3 Issue 2, Mei (2020)

Pelaksanaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Retyana Wahrini (Universitas Negeri Makassar)
Labusab (Universitas Negeri Makassar)
Elfira Makmur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta, (2) pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta, dan (3) persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang dilakukan di SMKN 1 Sedayu Program Keahlian TITL. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian TITL dengan populasi sebanyak 105 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Validitas instrumen penelitian ini melalui expert judgement kepada dosen ahli sedangkan reliabilitas instrumen diketahui dengan rumus alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD tergolong sangat baik; (2) Pemanfaatan sumber belajar tergolong sangat baik; (3) Hasil belajar siswa Program Keahlian TITL di SMKN 1 Sedayu Yogyakarta yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 40%, dan siswa yang belum mencapai nilai KKM 60%.; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan Y= 29,798 + 0,540X1 dengan kontribusi sebesar 48,6%.; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan Y = 41,637+0,367X2 dengan kontribusi sebesar 28,7%; (6) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif STAD dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan Y=30,028 + 0,570 X1-0,034 X2 dengan kontribusi sebesar 48,7%

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...