Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 10, No 1 (2024)

Penguatan Karakter Moderasi Beragama Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

NURUL FADHILAH (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ima Maisaroh (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jakaria Jakaria (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Wardatul Ilmiah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Mahasiswa rentang terpapar paham radikalisme dan ekstremisme. Krisis identitas dan propaganda online menjadi salah satu faktor radikalisme dan ekstremisme di kalangan mahasiswa. Beberapa organisasi dengan paham radikal dan ekstremisme menjadikan mahasiswa sasaran untuk menjadi anggota mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya mata kuliah moderasi beragama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam menguatkan karakter moderasi beragama mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran moderasi beragama berbasis masalah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dapat menguatkan karakter moderasi beragama, terlihat dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang mengedepankan diskusi yang konstruktif dalam setiap pembahasan permasalahan-permasalahan moderasi beragama sehingga membuat mahasiswa dapat dengan yakin menunjukkan perilaku toleransi, anti kekerasan, penerimaan terhadap tradisi, dan komitmen kebangsaan yang menjadi indikator moderasi beragama.

Copyrights © 2024