Bahan ajar ialah salah satu media yang digunakan oleh pengajar/pendidik dalam mendidik/mengajar. Bahan ajar juga berfungsi memudahkan Aktivitas pendidikan dan penerapan pelaksanaan pendidikan supaya jadi lebih efisien serta efektif. Mutu pendidikan CAD bisa ditingkatkan dengan merancang bahan ajar yang valid, yang pada akhirnya bisa memfasilitasi mahasiswa dalam tingkatkan keahlian berfikir kritis serta literasi CAD. Terdapat kasus Pada mata kuliah CAD yaitu rendahnya hasil belajar mahasiswa yaitu dengan nilai <70 (40.83%). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu bahan ajar yang menunjang kegiatan belajar mata kuliah CAD berbasis Model Explicit Instruction. Bahan ajar didesain supaya terjadi peningkatan terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dikategorikan dalam riset pengembangan. Mengadopsi model pengembangan 4D (Four-D) Thaigarajan. Pada riset ini dicoba 4 tahapan pengembangan, yakni: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), serta disseminate (penyebaran). Instrumen yang dipakai adalah angket, yang berfungsi untuk mengevaluasi kelayakan bahan ajar supaya dapat diterapkan untuk bahan ajar pada mata kuliah CAD. Produk pengembangan bahan ajar membutuhkan validasi dalam rangka penilaian inovatif. Validasi bahan ajar didapatkan dari para subjek yang terdiri dari pakar modul, pakar media dan pakar Bahasa. Diperoleh hasil dari riset ini yakni 1) Validitas bahan ajar yang valid pada isi/konten dengan skor 0.8333 setelah itu aspek media dengan skor 0.81 serta pada aspek bahasa dengan skor 0.782, 2) Bersumber pada hasil riset ini, kita bisa simpulkan bahan ajar CAD berbasis model Explicit Instruction ini valid
Copyrights © 2023