Jambura Journal of Educational Management
Volume 5 Nomor 1, Maret 2024

Pengembangan Sumber Daya Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme

shihab, fajar (Unknown)
Fauzi, Anis (Unknown)
Syarifudin, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Pengembangan sumber daya pendidik menjadi salah satu kunci peningkatan kualitas di Indonesia dalam meningkatkan taraf profesi seorang pendidik yang menyangkut kemampuan pendidik tidak hanya sebatas penguasaan mengajar dan penguasaan metode pembelajaran akan tetapi sikap profesionalitasnya sebagai pendidik, karena sebagai pendidik mempunyai tugas untuk mampu membawa pengaruh positif bagi kehidupan peserta didik dimasa kini dan dimasa yang akan datang. Sekolah Dasar Islam Permata Bunda merupakan lembaga pendidikan Islam yang sedang berkembang dan berlokasi di perkampungan salah satu permasalahan utama dalam peningkatan profesionalisme yaitu terletak pada pendidik yang kurang profesional. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan sumber daya pendidik yang dilakukan di SD Islam Permata Bunda yang mencakup upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, pelatihan berkelanjutan, dan pembinaan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi adapun sumber utama pada penelitian ini yaitu kepala sekolah SD Islam Permata Bunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesionalisme pendidik di antaranya sebagai berikut: (1) Pendidik diwajibkan untuk mengikuti Kelompok Kerja Guru; (2) Mengadakan rapat evaluasi bulanan secara teratur dan ; (3) Mengadakan kegiatan supervisi kepada pendidik. Dalam kesimpulannya kepala sekolah SD Islam Permata Bunda berusaha menjalankan beberapa upaya dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk meningkatkan profesionalisme pendidik, namun hanya beberapa yang dapat dijalankannya, dikarenakan faktor finansial yang menjadi permasalahan utama dalam proses pengembangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...