cover
Contact Name
sulkifly
Contact Email
sulkifly@ung.ac.id
Phone
+6282348062491
Journal Mail Official
jjem@ung.ac.id
Editorial Address
Secretariat Jambura Journal of Educational Management Street of Jenderal Sudirman No.6, Kota Tengah, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Management
ISSN : -     EISSN : 27212106     DOI : 10.37411
Core Subject : Education,
Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for academics, researchers and practitioners to publish original research articles or review articles. JAMBURA Education Management Journal (JJEM) Published twice a year in March and September. ISSN Online: 2721-2106 , DOI Prefix: 10.37411 The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: curriculum management and learning, student management, management of educational infrastructure, Education HR management (educators and education personnel), Financial management / education funding, management of school and community relations, educational culture and climate, educational leadership, class management, character building, educational innovation.
Articles 68 Documents
Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Karakter Religiusitas Sutrisno Gobel; Sitti Roskina Mas; Arifin Arifin
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i1.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam: (1) kebijakan penguatan karakter budaya religiusitas, (2) membangun komitmen penguatan karakter religiusitas, dan (3) membangun keteladanan dalam penguatan karakter religiusitas di SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi kepala sekolah dalam kebijakan penguatan karakter budaya religiusitas berada pada kategori baik. (2) Strategi kepala sekolah dalam membangun komitmen penguatan karakter religiusitas berada pada kategori baik. (3) Strategi kepala sekolah membangun keteladanan dalam penguatan karakter religiusitas berada pada kategori baik.
Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Warni Tune Sumar
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i1.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang riil mengenai Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dengan mengkaji empat indikator yakni: Mendesain kelas, mengorganisasikan kelas, monitoring kelas,mengevaluasi kelas dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menujukan bahwa Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gororntalo. Meliputi: (1) Mendesain kelas berada dalam kategori baik . Namun perlu ditingkatkan lagi karena masih sebagaian guru belum mampu mendesain kelas, (2) Mengorganisasikan kelas berada pada kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi kearah yang lebih baik, sebab sesuai hasil olahan data masih sebagaian besar guru belum mampu mengorganisasikan kelas dalam proses pembelajaran. (3) Monitoring kelas berada dalam kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi, sebab masih sebagaian guru belum mampu mengontrol kelas dalam kegiatan belajar mengajar, (4) mengevaluasi kelas berada pada ketegori baik. Maka dari itu disarankan untuk kepala sekolah diharapkan lebih ditingkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja guru serta guru diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi kemampuannya dalam pengelolaan kelas.
Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas Isnanto Isnanto; Asni Ilham; Nurhatima Lakita
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i1.108

Abstract

Fokus masalah adalah: (1) Peran guru dalam manajemen kelas; (2) Tingkah laku dalam kelas; (3) Penyelesaian masalah dalam manajemen kelas dan (4) Kerjasama orang tua dan guru dalam mengendalikan tingkah laku siswa di kelas. Tujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru dalam manajemen kelas; (2) Tingkah laku dalam kelas; dan (3) Penyelesaian masalah dalam manajemen kelas; (4) Kerjasama orang tua dan guru dalam mengendalikan tingkah laku siswa di kelas. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan di kelas IV SDN 20 Dungingi. Berdsarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan yang dilakukan di SDN 20 Dungingi, bahwa pengendalian tingkah laku siswa dapat diatasi dengan berbagai cara antara lain: (a) Guru sebagai motivator dan pemberi nasehat, sebagai pembimbingan, melalui penjadwalan piket, pemberian hukuman yang mendidik, serta penguasaan materi terhadap siswa; (b) Pendekatan yang sering guru gunakan di kelas yaitu pendekatan oteriter, pengajaraan, pengubahaan tingkah laku, sosio-emosional, kerja kelompok, elektis atau pluralistik, maupun teknologi informasi; (c) Kerja sama antara guru dan orang tua. Dalam hal ini guru lebih menekankan pada potensi siswa serta cara bertingkah laku yang baik, serta menerapkan kreatifitas dan inisiatif guru dalam pembelajaran
Daya Saing Lulusan Manajemen Pendidikan Rahmanto Samina; Ansar Ansar; Arwildayanto Arwildayanto
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i1.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing lulusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dalam masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, kesesuaian bidang kerja dengan keahlian dan partisipasi alumni dalam mendukung kemajuan program studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah populasi penelitian yaitu 268 orang dan sampel sampel penelitian yaitu 61 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) formasi kerja alumni berada pada kategori cukup tersedia, 2) keseuaian bidang kerja dengan keahlian berada pada kategoti sesuai, 3) partisipasi alumni dalam mendukung kemajuan program studi berada pada kategori cukup sesuai.
Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Kearsipan Berbasis Digital Sri Yeyenri Putrianti Hau; Ikhfan Haris; Mohammad Polinggapo
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i1.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) kebijakan sekolah mengenai penerapan kearsipan berbasis digital, 2) prosedur penerapan kearsipan berbasis digital, 3) kesiapan sumber daya manusia dalam penerapan kearsipan berbasis digital,4) kesiapan sarana dan prasarana dalam penerapan kearsipan berbasis digital , 5) pendanaan dalam penerpan kearsipan berbasis digital. Metode yang digunakan adalah kuantitatif jenis deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kebijakan sekolah berada pada kategori siap, 2) prosedur penerapan berada pada kategori siap, 3) kesiapan sumber daya manusia berada pada kategori siap, 4) kesiapan sarana dan prasarana berada pada kategori siap, 5) pendanaan berada pada kategori kurang siap. Analisis Kesiapan Sekolah dalam Penerapan Kearsipan Berbasis Digital di SMK Negeri 4 Gorontalo berada pada kategori siap, sehingga perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan.
Implementasi Keringanan Uang Kuliah Tunggal bagi Mahasiswa di Era New Normal Ikhwan Nur Rois; Arrum Wijaya; Afiffah Vinda Prananingrum
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 2, SEPTEMBER 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i2.158

Abstract

Pada era new normal ini pihak Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 515 Tahun 2020 tentang keringanan uang kuliah tunggal (UKT) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atas dampak bencana pandemi Covid-19 pada tanggal 12 Juni 2020. Keputusan tersebut pada implementasinya memberikan dampak yang signifikan bagi mahasiswa PTKIN, maka sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari implementasi Keputusan Menteri Agama tersebut terhadap para mahasiswa PTKIN. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka (libraty research) dan pendekatan historis dan kajian pustaka daring (e-library research) yang mengkaji terkait topik yang relevan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses terjadinya era new normal, proses implementasi KMA No. 515 Tahun 2020, dan dampak positif dan dampak negatif bagi mahasiswa PTKIN.
Manajemen Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Santi Vera Mulyani; Tobari; Houtman
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 2, SEPTEMBER 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i2.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di SMA Negeri1 Muara Sugihan 2019/ 2020. Data didapat dari triangulasi data secara kualitatif melalui tahapan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di SMAN 1 Muara Sugihan dilaksanakan secara manual dan berurutan dari perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian (penggerakan) hingga pengawasan. Perlu kajian ulang terkait ketentuan penerimaan peserta didik baru dari jalur zonasi paling sedikit 90% dari daya tampung karena tidak semua daerah berada pada kondisi yang sama untuk memenuhi ketentuan itu salah satunya di SMA Negeri 1 Muara Sugihan. Selain itu penting untuk dilakukan promosi dan publikasi baik online maupun offline selain sistem seleksi dalam PPDB. Peneliti merekomendasikan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas sekolah.
Analisis Pola Rekrutmen Tenaga Pendidik Hidayat Hidayat; Asriyantini
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 2, SEPTEMBER 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i2.163

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Rekrutmen Tenaga Pendidik di MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola rekrutmen tenaga pendidik di MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Informan Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang dan kepala tata usaha sebagai key infornan dan waka-waka sekolah serta tenaga pendidik sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Rekrutmen tenaga Pendidik di MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang dari proses perencanaan rekrutmen tenaga pendidik, evaluasi sumber-sumber tenaga pendidik, penentuan kebutuhan tenaga pendidik seleksi, penempatan, orientasi tenaga pendidik sudah cukup baik. Karena sekolah sudah melakukan proses perencanaan rekrutmen tenaga pendidik sampai kegiatan orientasi tenaga pendidik, namun kurang dalam proses pengawasan yang dilakukan kepala sekolah karena, masih ditemukan tenaga pendidik yang mengajar bukan pada keilmuannya serta masih ada tenaga pendidik yang memiliki tugas lebih dari satu sehingga kurangnya akan keprofesionalismenya, sehingga menyebabkan proses pengelolaan tenaga pendidik belum maksimal.
Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Achmad Baidowi
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 2, SEPTEMBER 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i2.167

Abstract

BOP adalah bantuan berupa uang yang diberikan oleh pemerintah untuk mendukung terselenggarakannya proses pendidikan yang bermutu pada lembaga PAUD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses interpretasi, organisasi, dan aplikasi kebijakan program BOP PAUD dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) tahap interpretasi kebijakan yaitu mempelajari juknis BOP PAUD yang didukung faktor komunikasi dengan memanfaatkan media whatsapp, faktor SDM yaitu dikerjakan oleh kepala sekolah dan bendahara, faktor peralatan yaitu menggunakan laptop dan handphone, faktor informasi perubahan penggunaan dana BOP, dan faktor disposisi yaitu aktif melakukan interpretasi. (2) Tahap pengorganisasian kebijakan yaitu pembagian tugas kerja pengelola dana BOP yang didukung faktor komunikasi yaitu diskusi pembagian tugas kerja, faktor SDM yaitu penunjukan penanggungjawab dan bendahara pengelola dana BOP, faktor kewenangan yaitu pemberian tugas kerja, faktor disposisi yaitu menerima kewenangan. (3) Tahap aplikasi kebijakan yaitu penggunaan dana BOP yang didukung faktor komunikasi yaitu diskusi penggunaan dana BOP; faktor SDM yaitu bendahara; faktor peralatan yaitu laptop, printer, dan kertas,; faktor keuangan yaitu dana BOP, faktor kewenangan yaitu dokumen RKAS dikerjakan bendahara, dan faktor disposisi yaitu terbuka dan jujur.
Analisis Kompetensi Profesional Guru Dewi Yulmasita Bagou; Arifin Suking
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 1 NOMOR 2, SEPTEMBER 2020
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v1i2.522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh gambaran tentang Analisis Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 2 Gorontalo di Kota Gorontalo . Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif oleh guru berada pada kategori baik, (4) pengembangan keprofesian secara berkelanjutan oleh guru berada pada kategori baik, dan (5) pemanfaatan TIK untuk pengembangan diri oleh guru SMA Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori baik.