Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih lah kelas XI IPA 6 sejumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sejumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM sedangkan keterampilan proses sains sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains sejumlah 6 soal uraian Hasil analisis data pretest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak jauh berbeda. Setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 74. Hasil uji hipotesis keterampilan proses sains didapatkan thitung yaitu 2,404. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains peserta didik
Copyrights © 2024