Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 48 Lubuklinggau

Shelly, Sheviana (Unknown)
Egok, Asep Sukenda (Unknown)
Kusnanto, Raden Angga Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Canva. Menguji kevalidan, praktisan dan keefektifan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 48 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 48 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validitas bahan ajar berbasis Canva penilaian ahli bahasa, media dan materi menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria Valid dan skor rata-rata 0,91. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,95. Kemudian dari analisis efektif diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva materi menulis puisi memenuhi kriteria efektif dengan skor rata-rata 0,99. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Canva terbukti Valid, Praktis dan Efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 48 Lubuklinggau. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Bahan Ajar, Pengembangan, Canva, Menulis Puisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...