Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Analisis Implementasi TBM Dalam Program Lapak Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa di Desa Karang Bayan

Belinda, Neema Chiara (Unknown)
Mustari, Mohamad (Unknown)
Fauzan, Ahmad (Unknown)
Herianto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Provinsi NTB menempati posisi ke 31 dalam Indeks aktivitas literasi, Salah satu faktor mengapa minat baca di NTB masih rendah ialah masyarakatnya yang masih buta huruf. Adapun upaya untuk menghadapi rendahnya kemampuan literasi peserta didik di Nusa Tenggara Barat salah satunya dengan membentuk program lapak baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi taman bacaan masyarakat dalam program lapak baca untuk meningkatkan literasi siswa di Desa Karang Bayan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, yang di tinjau dari: 1) Implementasi kegiatan program, 2) faktor pendukung dan tantangan program lapak baca, 3) Pelaku penggerak literasi di Desa Karang Bayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Hasil dari program lapak baca; 1) terdapat kemajuan kemampuan literasi yang positif dari yang sebelumnya masyarakat desa karang bayan buta aksara menjadi bisa membaca, 2) meningkatnya intensitas membaca masyarakat. Sehingga dalam pelaksanaanya program lapak baca ini membantu memotivasi siswa untuk meningkatkan minat baca yang kemudian dapat dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menggali ilmu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...