JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Perkembangan Intelektual Matematika Siswa Sekolah Dasar

Hidayanthi, Rahma (Unknown)
Martinopa, Lindri (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang diberikan atas penggunaan model DiscoveryLearning kepada perkembangan intelektual matematika siswa kelas IV di SD Negeri 07 Kampung Jawa 2 Kota Pariaman. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini, yaitu Pretest dan Posttest. Dimana Pre-test digunakan kepada siswa sebelum diberikan perlakuan terhadap dua kelas, sementara post-test digunakan setelah dilakukan perlakuan. Penyusunan tes berdasarkan kriteria C1-C6. Sampel Penelitian adalah kelas IVA danIVB. Perhitungan Uji t diperoleh thitung= 0,651 dan ttabel= 2,000 dan ini berarti thitung > ttabel, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model discovery learning kepada perkembangan intelektual matematika siswa pada materi bangun ruang kelas IV SD Negeri 07 Kampung Jawa 2 Kota Pariaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...