Kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang mendasar. Dengan membaca peserta didik akan menerapkan kemampuan lainnya yaitu berbicara. Dan juga peserta didik yang tidak mampu membaca akan sulit untuk memenuhi kemampuannya dalam menulis. Kemampuan membaca peserta didik kelas II termasuk kedalam tahap membaca permulaan, penelitian kali ini akan membahas mengenai “Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Di SDN 34 Simpang Haru”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca peserta didik kelas II, termasuk kedalam kategori kemampuan membaca tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden 5 orang peserta didik dan 2 guru wali kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, nilai dan wawancara. Dengan hasil penelitian yaitu, kemampuan membaca peserta didik kelas II di SDN 34 Simpang Haru terbagi menjadi tiga kategori, yaitu dari 55 peserta didik, 45 orang peserta didik termasuk kedalam kategori tinggi karena sudah mampu membaca dengan lancar dan memenuhi seluruh aspek, 4 orang peserta didik membaca dengan kategori sedang karena membaca dengan terbata-bata dan 6 orang peserta didik dengan kategori rendah karena peserta didik belum mampu menghafal huruf.
Copyrights © 2022