JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI

Zainuri, Humairoh Sakinah (Unknown)
Parapat, Khoriah Marta (Unknown)
Nurhafizah, Nurhafizah (Unknown)
Siregar, Nurhaliza Ertays (Unknown)
Azhari, Yunita (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara langsung dari seorang guru kepada sekelompok peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPS di SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan berdasarkan studi pustaka. Studi pustaka ialah metode yang dilakukan dengan pengumpulan data dari berbagai sumber baik itu tertulis maupun tidak tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. Guru mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan terstruktur, memfasilitasi diskusi yang produktif, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta dengan menggunakan strategi ekspositori ini guru dapat memeriksa sejauh mana siswa menguasai materi yang telah diajarkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...