JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik dengan Pendekatan Saintifik pada Operasi Hitung Perkalian di Kelas III SD Negeri 19 Pananggangan

Hutagaol, Gian A.P. (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)
Tarigan, Daitin (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas dan keefektifan dari media pembelajaran papan stik pada operasi hitung perkalian di kelas lll SD Negeri 19 Pananggangan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, angket dan tes. Adapun instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli ( media, materi), instrumen praktikalitas ( angket respon guru dan siswa) dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan produk mendapatkan persentase 66% dan termasuk dalam kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapat persentase 94% dan termasuk dalam kategori praktis. Hasil efektifitas produk mendapat persentase 80% dan termasuk dalam kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan stik dengan pendekatan saintifik pada operasi hitung perkalian di kelas lll dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...