JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 060939 Medan Amplas

Andriyani, Rizky (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)
Gultom, Ibrahim (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 060939 Medan Amplas pada tema 8 subtema 3 T.A 2022/2023. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperument. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A berjumlah 30 orang (kelas Eksperimen I) dan kelas IV B dengan jumlah 30 orang (kelas Eksperimen II). Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai uji-t dengan ketentuan sig (2-tailed) dapat dilihat bahwa nilai t hitung adalah 10.664 sedangkan nilai dari signifikansi adalah 0.000. Nilai levenge tes for equality of variances adalah 0.893. Nilai t-hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel yaitu 0.682. Sedangkan nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan dengan 0.05 dan nilai sinfikansi dari levenge tes for equality of variances adalah lebih dari 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 060939 Medan Amplas pada tema 8 subtema 3 T.A 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...