JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Cendikia Faiha Palembang

Azzahrah, Fatimah (Unknown)
Niswah, Choirun (Unknown)
Maryance, Maryance (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Cendikia Faiha Palembang serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan informan seperti Kepala Sekolah, Pembina tahfidz, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an berjalan cukup baik dengan koordinasi, motivasi, komunikasi, dan pengarahan yang baik. Faktor pendukungnya termasuk tersedianya guru qiraah/tahfidz, fasilitas seperti musholla, dan dukungan lingkungan. Faktor penghambatnya termasuk pengaturan waktu antara tahfidz dan sekolah, perbedaan tingkat kecerdasan siswa, dan kurangnya kerja sama dengan orang tua siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...