Penelitian ini menganalisis Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Cendikia Faiha Palembang serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan informan seperti Kepala Sekolah, Pembina tahfidz, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an berjalan cukup baik dengan koordinasi, motivasi, komunikasi, dan pengarahan yang baik. Faktor pendukungnya termasuk tersedianya guru qiraah/tahfidz, fasilitas seperti musholla, dan dukungan lingkungan. Faktor penghambatnya termasuk pengaturan waktu antara tahfidz dan sekolah, perbedaan tingkat kecerdasan siswa, dan kurangnya kerja sama dengan orang tua siswa.
Copyrights © 2024