JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Kelompok melalui Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet pada Kelas IV SD Negeri Bugangan 03 Semarang

Yulaekah, Yulaekah (Unknown)
Murniati, Ngurah Ayu Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini di Latar Belakangi karena Kurangnya sumber belajar maupun penggunaan bahan ajar pembelajaran yang inovatif, bervariatif, dan interaktif yang berdampak pada minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk merancang proses pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada kelas IV D di SD Negeri Bugangan 03 Semarang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze, design, developmen, implementation dan evaluation. Validasi dilakukan oleh dosen ahli, guru kelas IV D dan 28 Peserta didik kelas IV D. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 3 peserta didik untuk uji perorangan, dan 7 peserta didik untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. E-LKPD berbasis liveworksheet yang dikembangkan secara kelompok terkategori sangat valid dengan hasil review ahli isi desain pembelajaran sebesar 80% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli media pembelajaran sebesar 85% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji perorangan sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji kelompok kecil sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Liveworksheet pada kelas IV layak di gunakan dan di kembangkan untuk proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...