JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Landasan dan Falsafah Pendidikan IPS

Hutagalung, Mhd Faisal Buchori (Unknown)
Lubis, Bahuddin Rozi (Unknown)
Afifah, Jihan (Unknown)
Harahap, Nurul Hasanah (Unknown)
Lubis, Rahmi Maisaroh (Unknown)
Rezky, Rita (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki landasan dan falsafah yang kuat dalam sistem pendidikan di Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menetapkan IPS sebagai mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Landasan pendidikan IPS mencakup berbagai aspek filosofis, ideologis, sosiologis, antropologis, kemanusiaan, politis, psikologis, dan religius yang memberikan kerangka untuk mengembangkan kurikulum, metode pengajaran, dan tujuan pendidikan. Filsafat pendidikan IPS mengarahkan pendidikan ini untuk membangun pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Artikel ini membahas secara mendalam landasan dan falsafah pendidikan IPS serta implikasinya terhadap kurikulum dan pengajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...