JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penggunaan Media Flashcard pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas II SDIT Bunayya Kabupaten Tangerang

Wahyuni, Hasanah Dwi (Unknown)
Rosnaningsih, Asih (Unknown)
Nurfadhillah, Septy (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media Flashcard pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas II SDIT Bunayya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 5 orang siswa kelas II dan guru Bahasa Inggris kelas II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara guru Bahasa Inggris dan siswa kelas II, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Terdapat 5 langkah-langkah penggunaan media Flashcard 1) menyiapkan beberapa kartu, 2) menyebutkan dan mengingat semua kartu, 3) menugaskan siswa mengambil kartu, 4) mencari tahu kartu yang hilang, 5) menunjukkan kartu dan konfirmasi jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan media Flashcard pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas II dengan benar. Namun pada langkah ketiga dan keempat guru belum optimal menggunakan langkah-langkah penggunaan media Flashcard tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...