J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 2 (2024): JUNI

PUZZLE WAYANG: INOVASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER

Irhas, Irhas (Unknown)
Hadi, Heri Sopian (Unknown)
Iryani, Sri Astuti (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan aplikasi puzzle wayang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap development. Pengujian kelayakan produk telah melewati tahap validasi ahli dan uji coba pengguna. Validasi ahli materi dan ahli media menggunakan desain Learning Object Review Instrument (LORI) V 2.0, sedangkan uji coba pada pengguna menggunakan angket skala likert yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil validasi ahli, produk mendapatkan rerata skor 3,86 dari skala 4 untuk penilaian ahli materi, 3,62 dari skala 4 untuk penilaian ahli media, serta uji coba pengguna mendapatkan skor 3,6 dari skala 4. Sehingga, mengacu pada kriteria kelayakan, produk aplikasi mendapatkan predikat ‘layak’ untuk digunakan. Kata Kunci:  Puzzle, Wayang, Model ADDIE, Penguatan Karakter, R&D

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...