Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Sains dan Teknologi

Analisa Pengaruh Service Quality, Price, Satisfaction, Trust, dan Product Quality terhadap Customer Loyalty Pada UMKM Morning Bakery Di Kota Batam

Purwianti, Lily (Unknown)
Nuzula Agustin, Isnaini (Unknown)
Melodya, Deslyn (Unknown)
Erlin, Erlin (Unknown)
Erni, Erni (Unknown)
Maggie, Maggie (Unknown)
Meliana, Meliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Morning Bakery merupakan toko bakery terkenal di kota Batam yang sudah berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Morning Bakery telah menjadi bakery favorit warga Batam karena produknya yang beragam dari roti, kue, minuman, hingga berbagai hidangan berat yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara service quality, price, satisfaction, trust, dan product quality terhadap customer loyalty. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda yang digunakan untuk mengetahui arah dan besarnya pengaruh setiap variabel independen terhadap variabel dependennya. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan melakukan kegiatan penyebaran kuesioner terhadap masyarakat-masyarakat kota Batam yang pernah berkunjung dan membeli produk dari Morning Bakery total responden yang didapatkan sejumlah 268 namun setelah disortir karena terdapat data responden yang dinilai kurang akurat dan lengkap maka jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 256. Hasil dan implikasi dari penelitian ini memperlihatkan bahwa semua variabel kecuali variabel price berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan price tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, ini dikarenakan indikasi loyalitas yang meliputi keinginan untuk membayar lebih, adanya pembelian kembali, memiliki komitmen, dan juga rasa memiliki yang tinggi terhadap produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam membangun loyalitas dari pelanggan diperlukan beberapa faktor yang dapat mendukung seperti service quality, satisfaction, trust, dan product quality yang dapat meningkatkan kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian kembali yang memicu loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics Social Sciences

Description

SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) adalah jurnal peer reviewed dan Open-Access. SAINTEK merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) STMIK Pelita Nusantara. SAINTEK mengundang para peneliti, dosen, dan praktisi di seluruh dunia untuk bertukar dan memajukan ...