Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 4 : Al Qalam (Juli 2024)

Pendidikan Ibadah dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar (Telaah atas Surat Al-Ma’arij Ayat 19-35)

Arif, Irfan El (Unknown)
Nahar, Syamsu (Unknown)
Sumanti, Solihah Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep pendidikan ibadah dalam al Qur’an, serta mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan ibadah sehingga dari kajian ini dapat menjadi konsep dalam mengembangkan konsep-konsep pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menuliskan ayat 19 sampai dengan 35, yang terdapat dalam surat al Ma’arij, menerjemahkan ayat baik secara kata maupun perkalimat, menjelaskan jenis-jenis ibadah yang termaktub dalam ayat tersebut, mengumpulkan tema-tema yang sama serta menganalisis melalui tafsit al Azhar buya Hamka dengan ayat-ayat yang berkenaan tentang pendidikan ibadah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al Ma’arij ayat 19-35 perspektif tafsir al azhar adalah; Pertama ibadah shalat. Shalat yang ditetapkan pada dirinya Kedua ibadah Zakat dan Shadaqah. adalah  menyediakan  sebagian  dari pada harta untuk membantu orang-orang yang patut dibantu bernama zakat. Baik zakat kekayaan, atau zakat pertanian, atau zakat peternakan. Ketiga Aqidah. Yaitu orang-orang yang percaya sungguh dia bahwasanya dibelakang hidup kita yang sekarang ini, ada lagi hidup sesudah mati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...