MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Pengaruh Math Anxiety dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Yuliati, Ikha (Unknown)
Septiadi, Dimas Danar (Unknown)
Widyastuti, Rany (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Hasil belajar dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Masih banyaknya siswa yang memiliki stigma negatif terhadap matematika turut memberikan dampak yang kurang baik terhadap hasil belajar matematika, Oleh karenanya perlu diketahu faktor apa saja yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika yaitu faktor internal berupa math anxiety dan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan melihat bagaimana pengaruh math anxiety dan self efficay, baik secara masing-masing maupun bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mendapatkan data math anxiety dan self efficacy siswa, dan tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar. Kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama variabel x penelitian terhadap hasil belajar matematika. Temuan ini dibuktikan dengan nilai sig. tiap variabel x pada uji t < 0, 05, dan nilai sig. pada uji F < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...