SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 6 (2023): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Komunikasi Terhadap Siswa Kebutuhan Khusus

Abd Rahim (Unknown)
Susanto, Yohanes (Unknown)
Rimbano, Dheo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menjelaskan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia, memastikan bahwa setiap anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, memiliki kesempatan untuk mengakses pendidikan. Pergeseran menuju pendidikan inklusif memperluas pilihan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, beralih dari sekolah khusus ke sekolah reguler, dan membentuk lingkungan pendidikan yang memenuhi kebutuhan semua siswa. Dalam kelas inklusif, proses pembelajaran melibatkan penanganan dan pengurangan hambatan-hambatan dalam belajar dan partisipasi aktif, sambil mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Salah satu aspek kunci dari pembelajaran inklusif adalah komunikasi instruksional, yang mengharuskan penyesuaian terhadap karakteristik yang beragam dari siswa. Guru harus menunjukkan sensitivitas terhadap kebutuhan masing-masing siswa dan mengembangkan pola komunikasi instruksional yang efektif. Penelitian ini menggambarkan berbagai pendekatan yang digunakan guru dalam komunikasi instruksional dengan siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif, menekankan pentingnya kesadaran dan responsibilitas guru terhadap kondisi unik siswanya.

Copyrights © 2023