Khazanah Multidisiplin
Vol 5, No 1 (2024): Khazanah Multidisiplin

IMPLEMENTASI MANAGEMENT KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH TINGKAT SMP

Erihadiana, Mohamad (Unknown)
Jaenudin, Erik (Unknown)
Sari, Mada Sumringah (Unknown)
Fauziah, Nadia Kurnia (Unknown)
Slamet, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kurikulum merdeka berjalan seiring dengan konsep merdeka belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam mengembangkan kurikulum mandiri perlu memperhatikan kerangka dasar dan struktur kurikulum. Tujuan Pendidikan Nasional terkait dengan Profil Siswa Pancasila, yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) gotong royong; (4) keberagaman global; (5) penalaran kritis; (6) kreatif. Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan dan kerangka yang telah diterjemahkan ke dalam struktur kurikulum, prinsip pembelajaran, serta penilaian dan hasil pembelajaran. Pada kurikulum mandiri, struktur kurikulum memuat kegiatan intrakurikuler untuk memperkuat profil peserta didik Pancasila. Terdapat hasil pembelajaran yang harus dicapai sesuai dengan tiga unsur yaitu (1) Nilai Keagamaan dan Karakter; (2) Identitas, (3) Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Teknik, dan Seni. Penerapan kurikulum mandiri mata pelajaran PAI di SMP sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kl

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Multidisiplin e-ISSN 2746-2803 merupakan media ilmiah sebagai wadah publikasi hasil penelitian, kajian pustaka, dan / atau gagasan dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal Khazanah Multidisiplin merupakan wadah publikasi bersama Ilmuwan Humaniora dan Ilmu Sosial, serta IPTEK yang bertujuan untuk ...