Masyarakat Berdaya dan Inovasi
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pelatihan Digital Marketing bagi Sumber Daya Manusia di Objek Wisata Kalibiru

Purwanta, Edi (Unknown)
Tina Lidyasari, Aprilia (Unknown)
Baroroh, Kiromim (Unknown)
Rachmawati, Indriyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Sektor wisata menjadi salah satu sumber pendapatan negara Indonesia yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi warga, salah satunya objek wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta. Objek wisata berlatar belakang Waduk Sermo ini mulai sedikit dikunjungi oleh wisatawan sejak kehadiran covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kembali volume pengunjung, salah satunya melalui pengiklanan di website maupun media sosial. Namun hal tersebut dirasa belum cukup karena membutuhkan upaya re-branding menggunakan video, disertani transisi, music, dan teks. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan digital marketing bagi sumber daya manusia di Objek Wisata Kalibiru. Peserta pelatihan sebanyak 25 orang pelaku usaha di sekitar objek wisata. Tahapan pelatihan meliputi identifikasi kebutuhan, mendesain program pelatihan, melaksanakan program pelatihan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelaku usaha mampu membuat video konten yang menarik untuk re-branding objek wisata Kalibiru dengan memanfaatkan aplikasi tertentu. Video konten ini sebagai digital marketing untuk objek wisata Kalibiru yang dapat diunggah di media sosial, sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAYADANI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Nursing Social Sciences Other

Description

Masyarakat Berdaya dan Inovasi embodies multy discipline research articles including: 1. Education 2. Economy 3. Social and Politic 4. Public Healthy 5. Agriculture 6. ...