Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique
Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique

EFEKTIVITAS STRATEGI HUMAS DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS MODEL ATR

-, Amelia (Unknown)
Aryanti, Dwi (Unknown)
Rohmah, Hidayatur (Unknown)
Qalban, Anas Azhimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berkaitan dengan konstruksi pesan yang dibangun. Strategi humas ini dimaksudkan untuk mengatasi persepsi menyeramkan dan membosankan terhadap museum karena banyaknya tayangan media massa yang menampilkan tantangan uji nyali sehingga berpotensi menurunkan minat berwisata. Ditambah lagi banyaknya masyarakat termasuk Gen-Z yang beraktivitas di Internet. Untuk itu, perlu adanya strategi yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keefektifan strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berdasarkan model ATR dengan metode deskriptif kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi, studi pustaka dan angket. Angket yang disebarkan berisi pertanyaan yang mencakup awareness, trial, reinforcement. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian yang terdiri dari 100 responden dengan minimal usia 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menurut awareness (kesadaran) sebesar 87,62%, trial (mencoba) sebesar 88,74%, dan reinforcement (penguatan) sebesar 87,73%. Strategi humas Museum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan minat berkunjung berbasis model ATR dikatakan efektif dengan nilai 88,03% yang diperoleh dari rata-rata hitung keseluruhan tingkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKQ

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communique ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini ...