Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalisari II, yang bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) pada materi bilangan cacah besar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah besar kelas IV SD Negeri Kalisari II. Terbukti dari pra siklus hasil belajar siswa hanya mencapai presentase sebesar 51,72% yaitu 15 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas. Lalu meningkat pada siklus 1 menjadi 72,41% yaitu 21 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas. Serta meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,21% yaitu 25 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Matematika
Copyrights © 2024