Al-Azkiya : Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 9 No 2 (2024): Al-Azkiya : Jurnal Pendidikan MI/SD

Efektivitas Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Farisia, Hernik (Unknown)
Trisnawa, Vindy Agung Trisnawa (Unknown)
Fitri, Berliana Aulia (Unknown)
Arifin, Ermaya Afifah Zulfa Arifin (Unknown)
Hasanah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2024

Abstract

Kurikulum merdeka berfokus pada penanaman karakter dengan menerapkan profil pelajar pancasila. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran wajib yang dapat menjadi ajang dalam mengembangkan P3. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai moral kepada peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan dalam mapel bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan metode field research di SD Yapita Surabaya dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa P3 sudah diterapkan pada pembelajaran bahasa indonesia. Dimensi yang paling menonjol dan banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia adalah bernalar kritis dan kreatif. Penerapan dimensi P3 menyesuaikan kebutuhan peserta didik, tidak semua diterapkan. Penerapan P3 dalam pelajaran bahasa indonesia di SD Yapita Surabaya sudah efektif dan menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

azkiya

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Azkiya adalah jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang menerima berbagai bentuk tulisan yang berkaitan dengan pendidikan anak MI dan SD dan diperioritaskan untuk dosen PGMI dan guru ...