JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 8, No 4: September 2024

PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 081234 SIBOLGA

Ananda, Disah Tri (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)
Sitohang, Risma (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Media dapat menjadi faktor pendorong bagi peserta didik untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran spinning wheel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPAS di SDN 101768 Tembung. Metode ini dikembangkan mengikuti prinsip ADDIE dalam Research & Development. Hasilnya, media pembelajaran dikatakan sangat layak dan praktis untuk digunakan karena memiliki skor validitas 92%. Setelah diujicobakan pada peserta didik, media tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan skor ketuntasan kelas mencapai 83,33%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...