JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 8, No 4: September 2024

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19 RANTAU UTARA T.A 2023/2024

Rambe, Yulfa Syahdina (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Sirait, Albert Pauli (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif  menggunakan Canva yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 19 Rantau Utara T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Rantau Utara yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, media, dan guru, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 52 (86,6%) dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 97 (97%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh guru kelas IV memperoleh skor 57 (95%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan peningkatan dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 54,83% dan hasil post-test memperoleh nilai 90% . Berdasarkan keefektifan penggunaan multimedia interaktif menggunakan Canva yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan persentase 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...